Said Djauharsjah Jenie

Polé Wikipedia
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Said Djauharsjah Jenie
Born (1950-08-22)August 22, 1950
Indonesia Solo, Jawa Tengah
Died Templat:Death date and age
Indonesia Bandung, Jawa Barat
Nationality Indonesia Indonesia
Alma mater - Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Amerika Serikat
- Universitas Teknik Delft, Belanda
Occupation Ilmuwan, pengajar
Known for Kepala BPPT
Religion Islam
Spouse(s) Sadarijah
Children Asih Nurul Sadarijah Jenie dan Gita Ismailia Isbandiyah Jenie
Parents Nahar Jenie (ayah)
Isbandiyah (ibu)

Said Djauharsjah Jenie (Templat:Lahirmati) adalah seorang ilmuwan dan pengajar Indonesia. Ia pernah menjabat Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dari tahun 2006 sampai ia meninggal dunia pada tahun 2008. Ia juga pernah menjadi anggota Dewan Komisaris PT. Dirgantara Indonesia.[1]

Said Jenie adalah salah seorang tokoh penting di balik suksesnya penerbangan perdana pesawat N-250, pesawat komersil pertama yang sepenuhnya dirancang dan dibuat di Indonesia.[2] Ia juga berprofesi sebagai pendidik dengan mengajar dan membimbing mahasiswa di Jurusan Teknik Penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Guru Besar Prodi Teknik Penerbangan. Said juga pernah menjadi peneliti di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) dan NASA di Amerika Serikat.

Said Jenie meninggal dunia di Rumah Sakit Borromeus Bandung pada 11 Juli 2008 karena penyakit jantung yang dideritanya. Ia dimakamkan di Pemakaman Keluarga Sewu, Bantul, Yogyakarta.[3] Posisinya sebagai ketua BPPT kemudian digantikan oleh Dr.Ir. Marzan Aziz Iskandar, M.Sc. sejak 31 Desember 2008.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Said Djauharsjah Jenie menikah dengan seorang wanita bernama Sadarijah dan telah dikaruniai dua orang anak, yakni Asih Nurul Sadarijah Jenie dan Gita Ismailia Isbandiyah Jenie. Said Jenie merupakan putra dari pasangan Nahar Jenie yang berdarah Minangkabau dengan Isbandiyah dari suku Jawa.

Said Djauharsjah Jenie merupakan salah seorang yang memakai nama belakang "Jenie" diantara beberapa orang kerabatnya, seperti Adlinsjah Jenie, Rezlan Ishar Jenie dan saudara kembarnya sendiri, Umar Anggara Jenie.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Karier[sunting | sunting sumber]

  • Kepala Pusat Uji Terbang N-250 (1995)
  • Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (1998)
  • Anggota Dewan Komisaris PT. Dirgantara Indonesia (2002)
  • Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (2006)

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]