Wikipedia:Sandbox

Polé Wikipedia

Larangan basaling "cuek" deng kaum muslimin[sunting sumber]

Di dalam Hadis Nabi shalallahu alaihi wasallam, beliau bersabda :

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

Perumpamaan seorang mukmin itu yang saling menyayangi, mencintai, dan mengasihi bagaikan satu badan. Jika de pu badannya yang sakit, maka seluruh badannya pula akan terasa derita. {Al-hadits}

Kitong harus tahu, bahwa tong tra boleh bahina ataupun bacari gara-gara sama penderitaan orang walaupun ada dorang pu sisi buruk juga bagaimana tong liat dorang baku onar di daerahnya orang, maka tong sepatutnya harus mengasihi dan mengapresiasi dorang sebelum menyalahkan dan memintanya supaya kembali ke dorang pu daerah asalnya sebagaimana kitong saling bertoleransi sesama tanpa membeda-bedakan golongan.

Kalo dorang hanya menghabiskan waktunya buat kasi pandangan rendah manusia, berarti ada de pu kekurangan dalam keimanannya, nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda juga :

مَن لم يهتمّ بأمر المسلمين فليس منهم

Sapa yang tra mau kasi perhatian sama kaum muslimin, bukan bagian dorang. {Al-hadits}

Baik tong pu sudara di Palestina, Rohingya, Suriah, maupun sudara-sudara kaum muslimin lainnya torang selaku norma kemanusiaan harus badoakan dan batolong sama sudara sana tanpa saling memandang agama dengan kedok perihal pandangan saja.