Wikipedia:Pemeliharaan

Polé Wikipedia
WP:PELIHARA

Pemeliharaan adalah bagian vital untuk tetap menjaga kualitas Wikipedia sebagai suatu ensiklopedia. Halaman ini memuat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan tugas-tugas pemeliharaan Wikipedia. Pemeliharaan bukan hanya tugas pengurus melainkan tanggung jawab bersama seluruh Wikipediawan. Bantulah untuk melakukan tugas-tugas pemeliharaan ini jika Anda sempat.

Menggunakan halaman istimewa untuk menjaga kualitas[sunting sumber]

Beberapa halaman istimewa diperuntukkan atau dapat digunakan untuk menjaga kualitas Wikipedia. Gunakan menu "Halaman istimewa" yang terdapat pada bagian "kotak peralatan" di menu samping kiri setiap halaman. Berikut dijelaskan beberapa halaman istimewa yang dapat penting untuk menjaga kualitas. Perhatian: Daftar pada halaman-halaman istimewa sering kali tidak mutakhir karena diambil dari cache. Di bagian atas halaman biasanya dicantumkan tanggal terakhir pembaharuan cache.

Halaman buntu[sunting sumber]

Halaman buntu menampilkan daftar artikel yang tidak memiliki pranala ke artikel lain. Artikel-artikel seperti ini menurunkan kualitas Wikipedia karena jika seorang pengguna sampai pada halaman ini, ia tidak memiliki pilihan untuk membaca artikel lain yang terkait. Artikel seperti ini pun tidak akan dihitung dalam statistik jumlah artikel.

Untuk memperbaikinya, berilah pranala ke artikel lain yang terkait. Bisa dengan melakukan wikifikasi atau membuat bagian baru: "Lihat pula".

Halaman tak bertuan[sunting sumber]

Kebalikan dari halaman buntu di atas, halaman tak bertuan menampilkan daftar artikel yang tidak memiliki pranala dari artikel manapun, sehingga sangat besar kemungkinan tidak akan dibaca.

Untuk memperbaikinya, berilah pralana dari artikel lain yang berhubungan. Misalnya, jika Adolf Posumah adalah halaman tak bertuan, Anda dapat membuat pranala dari artikel RCTI atau Lativi.

Peralihan halaman ganda[sunting sumber]

Walaupun pengalihan adalah salah satu fitur perangkat lunak MediaWiki yang sangat berguna, penggunaannya kadang dapat menurunkan kualitas. Jika suatu artikel dialihkan dan kemudian hasil peralihannya inipun dialihkan lagi, maka artikel awal tersebut akan mengalami peralihan ganda. Daftar artikel yang mengalami peralihan ganda dapat dilihat di melalui halaman istimewa "Peralihan halaman ganda".

Misalnya, artikel rintisan "PT. Purapuranya Ada" dialihkan menjadi "Purapuranya Ada" dan kemudian dialihkan lagi menjadi "Purapuranya Ada (perusahaan)", jika seseorang mengakses artikel "PT. Purapuranya Ada", ia tidak akan langsung dialihkan ke "Purapuranya Ada (perusahaan)" (judul artikel saat ini).

Untuk memperbaikinya, dalam contoh di atas, pengalihan dari artikel "PT. Purapuranya Ada" harus diubah menjadi langsung ke "Purapuranya Ada (perusahaan)".

Peralihan halaman rusak[sunting sumber]

Peralihan halaman rusak terjadi jika suatu artikel dialihkan dan kemudian hasil pengalihannya dihapus karena sebab-sebab tertentu. Untuk melihat daftar artikel yang termasuk kelompok ini, gunakan halaman istimewa "Peralihan halaman rusak ".

Untuk memperbaikinya, halaman seperti ini harus dihapus karena tidak ada gunanya.

Halaman atau kategori yang tak terkategori[sunting sumber]

Kategori adalah salah satu cara untuk membantu menjelajahi topik-topik terkait. Setiap halaman di Wikipedia harus dikelompokkan dalam suatu kategori tertentu. Kecuali Kategori:Kategori yang merupakan kategori teratas di Wikipedia, semua kategori lain pun harus dimasukkan ke dalam kategori lain yang lebih bersifat umum.

Untuk memperbaikinya, gunakan halaman istimewa "Halaman yang tak terkategori" dan "Kategori yang tak terkategori" untuk melihat daftarnya. Berikan kategori yang sesuai ke halaman atau kategori tersebut.

Lihat pula: Alat di toolserver untuk Kategori dengan kategori merah.

Halaman atau kategori yang diinginkan[sunting sumber]

Halaman istimewa "Halaman yang diinginkan" dan "Kategori yang diinginkan" menampilkan daftar artikel atau kategori yang dirujuk dari artikel tapi belum dibuat. Daftar ini ditampilkan berurut berdasarkan halaman yang paling dibutuhkan.

Untuk memperbaikinya, cobalah untuk membuat atau merintis halaman tersebut.

Menyapa pengguna lain[sunting sumber]

Menyapa pengguna anon[sunting sumber]

Wikipedia mengizinkan semua orang, bahkan yang tidak masuk log sekalipun untuk menyunting hampir semua halaman yang ada. Pengguna anon - istilah bagi orang yang melakukan penyuntingan tanpa masuk log - akan dikenali dengan digunakannya alamat IP-nya sebagai nama pengguna.

Salah satu alasan utama kenapa seseorang melakukan penyuntingan tanpa masuk log adalah karena ketidaktahuan bahwa mempunyai akun di Wikipedia memiliki banyak keuntungan. Jika seorang pengguna anon telah menyumbangkan suatu suntingan yang cukup berarti di Wikipedia, sangatlah pantas untuk menyapa pengguna tersebut sebagai tanda penghargaan komunitas terhadap sumbangannya. Dengan menyapa pengguna anon ini, sekaligus juga ia dapat didorong untuk bergabung dengan mendaftar di Wikipedia.

Untuk menyapa pengguna anon yang telah memberikan kontribusi berarti, sekaligus mendorongnya untuk mendaftar, gunakan templat {{anon}} dengan mengetikkan {{anon}} di halaman bicaranya. Ada baiknya juga sertakan referensi ke halaman yang disuntingnya agar jelas artikel mana yang menurut Anda telah mendapat sumbangan berarti darinya. Untuk ini, tambahkan satu parameter, contohnya: {{anon|Hogwarts}}.

Menyapa pengguna baru[sunting sumber]

Setiap pengguna yang baru saja mendaftar, akan mendapatkan salam secara otomatis dari Wikipedia. Salam tersebut dapat dilihat/diubah di templat {{Pesan selamatdatang}}. Tidak merupakan keharusan bagi komunitas untuk menyapanya secara pribadi, namun salam pribadi akan menginformasikan pengguna baru tersebut bahwa "ada orang lain di Wikipedia" dan "ada orang yang bisa saya tanya mengenai Wikipedia ini".

Setiap pengguna baru yang terdaftar akan terdaftar di halaman perubahan terbaru.

Untuk memberi salam pribadi, ketikkan {{subst:sd}} di halaman bicara pengguna tersebut. (lihat/ubah templat tersebut)

Memeriksa artikel baru[sunting sumber]

Periksalah setiap artikel yang baru saja dibuat oleh pengguna lain. Terutama apabila dibuat oleh pengguna yang sama sekali asing bagi Anda atau yang tidak Anda percayai. Apabila artikel baru tersebut layak dimuat di Wikipedia, tambahkan beberapa informasi atau cukup dengan sekedar merapikannya. Halaman baru seringkali tidak tertata rapi sesuai standar Wikipedia. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

Merapikan[sunting sumber]

Artikel baru yang belum rapi perlu dirapikan, antara lain dengan membagi atas paragraf-paragraf, mengoreksi pemberian huruf besar, titik, koma dan tata bahasa lainnya. Untuk sekedar memberi tanda agar artikel tersebut perlu dirapikan lebih lanjut, tambahkan tag {{rapikan}} di bagian atas artikel.

Memberikan interwiki[sunting sumber]

Dengan menambahkan interwiki, akan menginformasikan pengguna lain, artikel-artikel dengan topik yang sama bisa dilihat di Wikipedia lainnya. Sering terjadi, sewaktu seorang pengguna menyalin suatu artikel dari Wikipedia bahasa Inggris untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia, ia lupa menambahkan interwiki, namun tidak ada salahnya kita langsung menambahkannya sewaktu kekurangan ini ditemukan. Bot bisa saja bekerja lambat mengingat banyaknya halaman-halaman yang harus diperiksa sebelum halaman yang satu itu diproses.

Bot tidak akan menambahkan interwiki secara otomatis pada halaman yang sama sekali tidak memiliki interwiki. Hal ini dikarenakan bot tidak mungkin mengetahui halaman mana yang topiknya sama.

Memberikan tag terjemah[sunting sumber]

Apabila artikel baru tersebut dalam bahasa asing, tambahkan tag {{terjemah}} di atas artikel. Contohnya: {{terjemah|Inggris}} untuk artikel berbahasa Inggris, {{terjemah|Melayu}} untuk artikel berbahasa Melayu dan sebagainya.

Memberikan tag hapus[sunting sumber]

Apabila artikel baru tersebut tidak layak untuk dimuat di Wikipedia, anda dapat menambahkan tag {{hapus}} di bagian atas artikel tersebut (tetapi jangan menghapus teksnya). Pengurus akan mendapati halaman-halaman mana saja yang memiliki tag ini dan akan menghapusnya kemudian.

Reset halaman bak pasir[sunting sumber]

Kembalikan halaman Wikipedia:Bak pasir ke halaman standarnya. Halaman ini diperuntukkan untuk uji coba pengguna-pengguna.

Statistik pemeliharaan[sunting sumber]

Templat:Update Pemutakhiran terakhir: 26 September 2006 1:31 UTC Templat:Clr

  27 Feb 9 Mar 29 Mar 16 Jun 26 Sep
Halaman istimewa
Pengalihan ganda
Perlu diperbaiki agar halaman yang sebenarnya langsung dibuka.
0 0 0 0 0
Pengalihan rusak
Halaman yang dituju perlu dibuat atau halaman peralihan dihapus.
0 0 0 0 0
Halaman buntu
Artikel yang tidak mempunyai pralana kemanapun, tidak dihitung dalam statistik sehingga perlu wikifisasi.
297 139 8 3 3
Halaman tak bertuan
Artikel yang tidak memiliki pranala darimanapun, sangat besar kemungkinan artikel ini tidak akan dibaca pengguna sehingga perlu dibuat pralana dari artikel yang berhubungan.
485 518 705 >1000 94
Halaman yang diinginkan
Artikel yang memiliki pranala dari artikel lain tapi belum dibuat.
>1000 >1000 >1000 >1000 >1000
Halaman yang tak terkategori
Masukkan artikel tersebut ke dalam salah satu kategori.
>1000 >1000 >1000 >1000 965
Halaman disambiguasi
Pranala yang mengarah ke halaman disambiguasi. Perbaiki agar diarahkan ke halaman yang sesuai.
    >1000 >1000 >1000
Artikel
Tulisan rintisan
Artikel yang informasinya masih sangat sedikit dan perlu dikembangkan lebih lanjut.
5750 6155 7036 ?? 17052
Artikel dalam perbaikan
Lihat artikel bersangkutan untuk keterangan yang lebih lengkap.
2 2 2 ?? 3
Artikel tak netral
Perbaiki artikel untuk menetralkannya.
7 10 9 ?? 21
Artikel yang keakuratannya dipertanyakan
Perbaiki isi artikel.
0 1 0 ?? 6
Artikel yang harus dipindah
Artikel-artikel yang harus dipindahkan ke proyek lain yang sesuai.
7 45 48 ?? 92
Artikel yang layak digabungkan
Artikel-artikel yang diusulkan untuk digabung.
25 32 25 ?? 80
Artikel yang diusulkan untuk dipisahkan. 0 0 0 ?? 0
Artikel yang layak untuk dihapus
Artikel-artikel yang diusulkan untuk dihapus.
2 0 4 ?? 27
Artikel yang perlu diterjemahkan
Artikel dalam kategori ini masih dalam bahasa asing atau bahasa daerah sehingga perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
107 111 107 ?? 111
Artikel yang diterjemahkan secara kasar
Artikel yang belum sempurna diterjemahkan. Perlu diperiksa oleh pengguna dengan pengetahuan bahasa yang sempurna.
0 2 5 ?? 16
Artikel yang perlu dirapikan
Dirapikan meliputi dibagi atas paragraf, wikifisasi, kategori, interwiki dan sebagainya.
214 283 308 ?? 745
Artikel dengan judul dalam bahasa asing
Ganti judul dengan judul yang sesuai dalam bahasa Indonesia.
        20
Gambar
Gambar tanpa kategori
Gambar yang tidak memiliki kategori. Kemungkinan besar tidak memiliki tag lisensi juga. Tambahkan tag lisensi yang sesuai.
        >1000
Gambar tanpa lisensi
Gambar yang tidak memiliki informasi lisensi. Harus dihapus setelah jangka waktu tertentu.
6 1 2 ?? 61
Gambar yang tidak digunakan
Gunakan gambar ini di artikel yang berhubungan atau harap dihapus.
167 160 181 360 25
Gambar tanpa tag
Harus diberi tag yang sesuai.
>2000 >2000 >2000 ?? 1414
Gambar duplikat dengan commons
Periksa apabila identik, gambar di wikipedia lokal bisa dihapus.
<1000 <1000 <1000 ?? 687
Kategori
Kategori yang dialihkan
Periksa apabila ada artikel yang memakai kategori-kategori ini, maka ganti dengan kategori yang sebenarnya.
        0
Kategori yang diinginkan
Beberapa artikel mengacu ke kategori ini tapi kategori belum dibuat. Buat kategori atau ganti kategori di artikel bersangkutan.
>1000 >1000 >1000 >1000 >1000
Kategori yang tak terkategori
Masukkan kategori tersebut ke dalam salah satu kategori.
>1000 >1000 >1000 1 2
Kategori yang tak digunakan
Gunakan dalam artikel yang berhubungan atau kategori dihapus.
35 79 59 153 349
Templat
Templat yang tidak digunakan
Gunakan templat ini di artikel yang berhubungan atau harap dihapus.
611 200